There was an error in this gadget

Monday, July 25, 2011

SEPULUH KESALAHAN DALAM MENGHADAPI TES MATEMATIKA

10 Common Mistakes When Preparing for a Math Test

English Version? clik here

Menjalani tes matematika bukanlah hal  yang mudah karena matematika bisa menjadi pelajaran yang sulit dan kompleks. Akibatnya kebanyakan siswa melakukan hal yang buruk pada tes matematika. Persiapan ujian yang salah sering menjadi alasan untuk hasil yang kurang.   
Berikut ini adalah  sepuluh kesalahan yang paling umum  saat mengambil tes matematika.

1. Belajar pada menit terakhir.  
Kebiasaan belajar malam sebelum tes merupakan penyakit kronis yang berbahaya. Biasanya siswa baru belajar semalam sebelum diadakan tes.
 
2. Belajar terlalu lama 
Belajar terlalu lama merupakan pilihan jitu bagi siswa yang suka menunda-nunda waktu belajar. Akibatnya menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Alangkah baiknya jika waktu belajr itu dipecah jadi beberapa periode sehingga dalam teori belajar ada yang mengatkan bahwa 10 x 1 jam lebih baik daripada 1 x 10 jam, walaupun hasilnya sama-sama 10 jam.

3. Bahan bacaan uji tanpa berlatih.  
Matematika bukan seperti sejarah di mana Anda hanya dapat membaca dari buku teks. Matematika membutuhkan latihan. Jadi dalam mempelajari matematika sangat dibutuhkan latihan

4. Belajar sembarangan. 
Bagaimana anda menyusun jadwal belajar anda. Kalau anda belajar tanpa jadwal, maka dipastikan anda tidak akan memiliki kesiapan dalam tes matematika. Karena kegiatan belajar anda tidak teratur atau tidak terjadwal

 
5. Mmiliki Sikap "Aku mengerti"
Dengan kata lain, jangan terlalu percaya diri dengan pengetahuan Anda terhadap materi yang sedang anda pelajari Orang yang memiliki sikap ini akan cepat merasa puas dan segera berhenti belajar yang tentunya akan mengakibatkan kealpaan akan materi yang diteskan nanti. Tapi tanamkan dalam diri bahwa "saya belum mengerti" sehingga selalu ada hasrat untuk belajar dan mengulangi yang sudah dipelajari.
 
6. Tidak mengambil keuntungan dari sumber daya.  
Jika Anda memiliki akses ke kelompok belajar kenapa tidak dimanfaatkan dengan baik karena hal ini akan memberikan dampak positif terhadap kemampuan anda. Kalau perlu anda harus proaktif untuk menemukan sumber daya yang ada sebagai tempat bertanya karena semakin banyak anda bertanya dan menerima masukan maka akan semakin bik pengetahuan anda.

 
7. Tidak mengidentifikasi atau berkonsentrasi pada kelemahan.  
Identifikasikanlah kelemahan anda dan berkonsentrasilah pada titik lemah tersebut. Hal ini akan mengurangi ketidaksiapan anda jika titik kelemahannya sudah ditemukan diatasi dengan baik.
 

8. Tidak lengkap mempelajari materi. 
Matematika merupakan pelajaran yang antara satu topik dan topik lain memiliki ketereikatan yang sangat kuat. Kita tidak bisa melepaskan satu topik dalam mempelajari topik yang lain. Saling keterkaitan antar materi menjadikan kita harus menguasai semua materi yang sudah dipelajari. Jadi dalam belajar kita harus mempelajari semua materi termsuk materi lama dan sudah dilewati. Dengan mempelajari secara komprehensif semua materi Anda pasti akan memahmi nya dengan jelas.

9. Pastikan untuk memiliki tidur yang cukup.  
Begadang sepanjang malam untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes bukanlah hal yang disarankan karena itu hanya akan membuat diri mengantuk ketika waktu tes tiba. Dan yakinlah bahwa hal ini tidak akan dapt meningkatkan kesipan diri dalam menghadapi tes.

10. Tidak mengetahui apa yang di tes.  
Item ini jarang terjadi tetapi bukan berarti tidak pernah karena banyak orang berbuat kesalahan dalam mempalajari topik yang akan diterima dalam tes seperti tes  pada Bab 4 tetapi yang dipelajari Bab 9! Atau jika tesnya Bab 4 kenapa kita harus mempelajari Bab 5??

No comments:

Post a Comment