There was an error in this gadget

Tuesday, July 5, 2011

Lomba Keberhasilan Guru

Guru adalah satu profesi yang membutuhkan inovasi dalam segala segi. Metode, sarana, teknik dan lain-lain. Walaupun dalam menerapkan satu metode bisa dikatakan bahwa tidak ada metode yang sempurna apalagi bersifat general.
Satu metode yang menurut sebagian orang bagus tetapi bisa jadi metode tersebut tidak bisa digunakan pada waktu dan tempat yang berbeda. Tetapi kita tidak boleh menyerah begitu saja, ada saatnya kita berbagi, berbagi dari pengalaman kita, menerima dari pengalaman rekan lain. Itulah salah satu tujuan diadakannya Lesson Study.

Setiap guru pada hakekatnya selalu mengadakan inovasi, bahkan dalam satu kelas paralel tidak ada guru yang menerapkan metode yang sama karena setiap kelas yang dimasuki akan memiliki atmosfir yang berbeda. Namun sangat disayangkan kebanyakan guru di Indonesia memiliki satu kelemahan yang sangat vital yaitu dalam hal dokumentasi.

Dokumentasi disini berhubungan langsung dengan tulis menulis.
Kalau semua guru atau katakanlah 60% saja guru Indonesia bisa mendokumentasikan apa yang telah mereka lakukan, apa kelebihan mereka, maka kita yakin, mungkin toko buku akan penuh dengan karya tulis para guru yang mengupas tentang keberhasilan mereka. Tetapi itu juga harus selaras dengan dukungan penerbit. arena tanpa dukungan mereka karya guru juga tidak akan bisa di publish.

Mungkin ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa tenaga pendidik (baca guru) di Indonesia kurang kreatif dan sangat langka mempublikasikan karya mereka.

Sepertinya ini bisa menjadi salah satu pendorong bagi para guru yang mau berkarya dan menyebarkan nilai-nilai baik hasil karya ini peluang.

ementrian Nasional Pendidikan membuka peluang bagi para guru yang mau berbagi keberhasil dan inovasi yang telah mereka lakukan melalui satu lomba keberhasilan guru tingkat nasional tahun 2011.
Semoga dengan adanya lomba ini diharapkan para guru bersemangat untuk tampil dan menyebarkan kelebihan mereka.
Jangan anggap ini sebagai sebuah pertarungan atau perlombaan karena kalau dianggap demikian maka kita akan memiliki satu orientasi yakni kemenangan, dan kalau menang akan meningkatkan semangat utntuk tahun tetapi kalau belum berhasil bisa menimbulkan patah semangat.

Jadi jadikanlah ini sebagai peluang bagi kita untuk menyampaikan ide dan inspirasi kita kepada rekan lain di Nusantara tercinta ini.

Untuk Info  lebih lengkap tentang ini, silahkan download disini untukLomba Keberhasilan Guru dan disini untuk Pedoman Olimpiade Sain Nasional Bagi Guru


Selamat Berpartisipasi.




No comments:

Post a Comment